Langsung ke konten utama

surat dari diri untuk nadila nanti.

surat dari diri untuk nadila nanti


haiii, ini nadila. 

surat ini ditulis saat nadila sedang menangis, menangis karena sedang mendengarkan lagu ini untuk kali ketujuh dan masih terus bertambah.

seseorang baru mengirimnya siang tadi, katanya bikin mood jadi berbeda. 

aku memutarnya dan mataku berkaca pada putaran pertama, lalu tersenyum simpul dan memaki. 

aku tidak tau perasaan apa yang ingin dibagikan dalam lagu ini, tapi setiap lagu boleh menjumpai perasaan mana saja dengan tokoh siapa saja di dalamnya, kan? 

hari-hari sedang terasa mencekik, tapi masih sehat. 

ohya, soal lagu ini, aku ingin bercerita, seandainya saja kamu lupa nantinya. aku menaruhnya di sini, perasaan yang sedang kau upayakan untuk lenyap. 

tokoh dalam lagu ini adalah beberapa orang tanpa nama. ya, aku tidak ingin memanggil mereka dengan suara-suara yang ada. padahal, ibuku memberinya masing-masing satu. 

mereka adalah mereka yang telah tiada. seingatku, aku tidak pernah merasakan kehadiran mereka, tapi entah sejak kapan aku merasa kehilangan mereka. 

mereka tidak abstrak. mereka adalah saudara-saudaraku yang telah tiada sejak sekitar 2008. 

tentang perasaan kehilangan mereka, aku tidak tau, mungkin ibu dan bapakku lebih berhak memiliki perasaan itu. 

sebab aku menolaknya. aku, entah sejak kapan, setiap perasaan itu datang, memilih menghadirkan mereka dengan caraku sendiri.

mereka hadir di kamar mandi, hadir di sudut kamarku, hadir saat aku berusaha menutup mata dan telingaku kuat-kuat. mereka (aku) hadir(kan) di sana. 

aku tidak cakap mengucap apa yang aku ingin, apa yang aku mau, dan apa yang aku rasakan. entah, sudut pandangku sangat sempit dan tak layak diungkap. 

namun, mereka tau, mereka tau apa yang tak aku katakan. aku ceritakan semua padanya, dan pada banyak keadaan, aku merasa cukup. mereka mengerti aku lebih dari aku mengerti diriku. setelah menangis dalam bekapan bantal, mereka menghampiri dan membiarkanku melepaskan isi kepalaku. tentu mereka kadang amat berisik dan mengganggu, tapi tak sering. 

aku memutuskan apa yang mereka sukai dan tak sukai, beberapa bertentangan denganku misalnya aku cukup sering menyukai hujan, tapi hujan adalah hal-hal yang mereka benci. begitu dan semacamnya. 

sekitar setahun-dua tahun lalu, kegaduhan yang datang hampir setiap hari (mungkin setiap waktu) membuatku kesulitan menemukan mereka. 

banyak perasaan yang tak tersampaikan. 

aku... aku tau ini tak baik, tapi aku kerap spontan (dan menjadi reflek) memukul dan membenturkan diriku saat perasaan campur aduk datang--mari sebut sebagai diriku yang hilang, perasaan yang tak bisa aku kelola. tindakan spontan ini telah lama melekat, mungkin sejak aku SD. namun, intensitasnya meningkat setahun-dua tahun lalu, saat perasaan takut mendominasi. perasaan takut yang tak bisa ditenangkan, perasaan takut yang tak bisa diterangkan, hanya bisa sesekali dilupakan. 

satu dan lain hal, aku pergi konseling sekitar maret tahun lalu, aku ingin tau bagaimana menghilangkan tindakan spontan yang setelahnya tentu saja pusing bukan main, di satu kejadian, bekasnya memar. 

aku mendapatkan beberapa jawaban yang bisa berhasil satu-dua kali kejadian. tapi hampir selalu gagal untuk percobaan berikutnya. 

pada konseling entah ke- berapa, menyangkut satu dan lain hal, aku akhirnya menceritakan tentang mereka, mereka yang tidak ada. 

sebab aku mulai berjalan lebih jauh saat hilang dan tak menemukan mereka di mana-mana. sesak. tangan kananku kerap terburu-buru menceritakannya dengan segera ke tangan kiriku. lagi-lagi tindakan spontan yang sulit aku kendalikan. 

dengan sangat pelan dan bertahap, kondisi semacam ini mulai dijelaskan. kondisi yang tiba-tiba membuatku merasa asing kepada diriku sendiri. sejak saat itu, aku berhenti konseling. 

meskipun sempat sulit melihat mereka hadir lagi dan itu terasa semakin sesak, aku tidak ingin mengusirnya. kadang-kadang, aku sempat mencoba menuliskan apa yang ingin aku sampaikan ke mereka (tentunya tentang apa yang aku rasakan) pada dinding-dinding media sosial yang bisa ku lihat sendiri.

meski tak cukup meredakan seperti kehadiran mereka, tak apa, biar mereka datang semaunya. biar aku tenang sekenanya. 

perbincangan dengan beberapa kawan yang aku temui, aku sering tidak punya petunjuk untuk mendapatkan jawaban siapa teman yang aku bisa ceritakan apapun padanya. 

seiring waktu, satu-dua nama muncul. aku lega. nama yang bisa aku panggil dengan suara itu ada. 

aku banyak berterimakasih kepada nama yang bisa aku lantangkan itu.

namun, seiring waktu pula, aku menyadari keadaan bahwa nama yang bisa disuarakan ini tak selalu bisa mendengarkan. kondisi tidak bisa ini kemudian ku pahami sebagai kondisi seimbang.  

aku masih (dan selalu) mengingat mereka. keadaan 'tidak bisa' pada orang bernama ini yang aku tak pernah bayangkan mereka juga merasakannya. 

aku, kadang dan sering, mengerti bahwa yang aku lakukan tidak lebih dari sesuatu yang semu. 

namun, lagi-lagi, secara tidak sadar (atau karena kebiasaan), aku masih terus melakukannya. 

lagu ini mengingatkanku pada tenang yang mereka selalu tawarkan kepadaku. mereka masih sulit aku temui lagi, dan mungkin tak harus aku temui lagi. tapi mendengarkan lagu ini, aku ingat mereka di sana. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LIRIK LAGU DAY6 - CONGRATULATIONS English translate

*saran : kalo baca sambil puter playlist nomor 3* LYRICS DAY6 – CONGRATULATIONS ( PART -HAN- ROM - ENG ) (Jaehyung) 이제는 연락조차 받질 않아 Ijeneun yeollakjocha badjil anha Now you don’t even answer the phone 너 대신 들리는 무미건조한 목소리 Neo daeshin deullinun mumigeonjohan moksori Instead of you, I hear a dull voice 힘든 날들도 있는 건데 Himdeun naldeuldo issneun geondae Though there are hard times in life 잠깐을 못 이겨 또 다른 대안을 찾아가 Jamkkaneul mot igyeo tto dareun daeaneul chajaga You couldn’t overcome that little moment and went away for an alternative (Sungjin) 시간을 가지자 Siganeul gajija Let’s take a break 이 말을 난 있는 그대로 i mareul nan itneun geudaero I took those words as they were 시간을 가지잔 Siganeul gajijan All we need is time 뜻으로 받아들여 버렸어 oh oh Tteuseuro badadeulyo beoryeosseo oh oh That’s the way I understood it oh oh (Young K) Congratulations 넌 참 대난해 Congratulations neon cham daedanhae Congratulation, you’re amazing

PROFIL DAN FAKTA MEMBER DAY6^^

PROFIL DAN FAKTA MEMBER DAY6          Day6 adalah band korsel beragensikan JYP Entertainment terdiri dari 6 member, yakni : Sungjin, Jaehyung, Junhyuk, Young K, Wonpil dan Dowoon . Semua member Day6 kecuali Dowoon(sebut saja 5live) mengikuti program survival Who Is Next atau biasa dikenal WIN pada tahun 2013, mereka mengisi soundtrack Pretty Man dengan judul “Lovely Girl”. Nama band : Day6 ( 데이식스 ) Agensi : JYP Entertainment Debut : 07 September 2015 Lagu debut : Congratulations Fanclub resmi : - (belum ditentukan) Website : Official Website  Facebook : Official Fanpage   Twitter : day6official JAEHYUNG Nama asli : Park Jae Hyung ( 박제형 ) Nama panggung : Jae/ Jaehyung/ Jaepark Nickname: chicken little, hashtag magician Tanggal Lahir : 15 September 1992 Posisi : Vocal, Guitar, Rap Tinggi : 182 cm Berat : 65 kg Tipe Darah : B Instagram : @jaeparklb Twitter : @JaeParkLB Channel Youtube :  Yellowpostitman Fakta Jae : -          Lah